Sunday, November 20, 2011

dunia semakin kejam

yap, dunia semakin kejam, indonesia pun negara yang kaya raya akan sumber daya alamnya tidak mampu menjamin kesejahteraan rakyatnya, aisssh tumben gue ngomong bener, entah gue harus bagaimana ngeliat keadaan negara gue yang carut marut ini, harus bagaimana ketika kemiskinan disalahgunakan, emm maksudnya ketika kemiskinan menjadi alasan untuk menghalalkan segala cara. coba deh lo perhatiin orang-orang di sekeliling lo, apalagi di depok yah, banyak banget kita temuin pengemis dengan berbagai macam cara mereka untuk memancing rasa iba kita. 

okelah, kita harus membantu sesama yang kurang beruntung, tapi kalo caranya kaya gini, gue suka sebel sendiri.

pertama, gaya ngemis dengan bawa-bawa anak kecil, apalagi yang masih orok, astagaaaaa, sempet waktu itu gue lewat jalan kecil yang menghubungkan kampus gunadarma margonda dengan pocin, gue liat ada ibu-ibu duduk di pinggir jalan itu sambil gendong bayi yang lagi nangis, aaaa sedih, mikir gak sih si ibu anak itu, kalo anak kecil itu tubuhnya masih rentan, polusi udara, debu, panas, pantes aja si anak nangis-nangis, gue suka sedih ngeliat pemandangan kaya gitu, jadi keinget sama keponakan-keponakan gue, ngebayangin kalo itu adalah keponakan gue, ah miris sekali, harusnya anak gak boleh dijadiin alat ngemis kan, tapi masih ada aja ibu yang tega ngelakuin itu, duniaaaa kejaaaam.

kedua, semalem gue, nia dan ayu menggalau ria di detos sambil makan hokben, lagi asik-asik ngobrol tiba-tiba ada anak kecil muncul dengan muka penuh darah, refleks si nia sama ayu langsung ketakutan, pas gue liat, gue cuma bisa geleng-geleng kepala, ada aja cara baru mereka buat minta-minta, itu bukan korban kecelakaan atau korban kekerasan, si anak minta tolong ke orang-orang dengan minta duit, daripda ngasih duit yah, mending langsung aja gue bawa anak itu ke rumah sakit deh, biar tau rasa itu anak ketauan boongnya.

ketiga, kadang suka ada pengemis atau pengamen yang maksa-maksa, kaya gini contohnya "pak, bu, kasih saya seribu dua tibu perak aja, daripada saya ngerampok", nah ini, kata-kata terakhirnya ini "NGERAMPOK", secara gak langsung dia bilang gini "KASIH GUE DUIT ATAU LO GUE RAMPOK", nyeees banget lho itu, sesuatu deh caranya kaya gitu.

keempat, gue pernah temuin pengemis kaya gini di daerah kampus gue, cuma satu modal mereka, tampang melas kaya mau pingsan dan sangat mengkhawatirkan, lalu dengan langkah lunglai menghampiri kita sambil bilang "ka, minta ka, aku belom makan dari kemarin", aissssh iba dong lo liat kaya gitu, gue kasih aja duit seribu, terus agak beberapa lama gue liat dia lagi dengan muka semangat dan seger buger lagi beli kebab, gue ulangi yah KEBAB, aaaaa gue aja jarang beli kebab lho *tolong jangan kasihani saya*, nyeeeees banget lho itu.

ngeliat kenyataan yang kaya gitu, gue semakin bingung harus membantu sesama yang seperti apa, kata agama juga kan gak boleh memberi kepada pengemis, karena itu mengajarkan mereka menjadi malas, ah yasudahlah, yang penting niat kita baik, niat mau bantu, walaupun bantuan kita kadang salah sasaran.

0 comments:

Post a Comment