Friday, November 5, 2010

Kegiatan Baksos Desa Segarajaya, Bekasi


kegiatan baksos ini diadakan oleh BEM FE Universitas Gunadarma 2010, yang dilaksanakan pada tanggal 19-21 oktober 2010, di desa segara jaya kec. Tarumanegara Kab. Bekasi, desa segarajaya dulu masih tergolong desa terbelakang, tapi sekarang sudah menjadi desa sedang berkembang.

Jam 09.00 kita berangkat dari kampus E kelapa dua ke desa segara jaya dan sampai jam 11.00, alhamdulillah perjalanan lancar, sampai disana kami langsung mengangkut 650 paket sembako murah dari mobil tronton menuju aula desa secara bergotong-royong dan kita mulai persiapan untuk membuka bazar sembako murah, disini kita menjual 650 paket sembako (beras 3kg, mie 5 bungkus, gula 1/4 lt, minyak goreng 1/4 lt dan susu 1 kaleng), dengan harga 10rb, warga disana sangat antusias, bazar sembako murah yang dijadwalkan jam 02.00 tapi warga sudah berkumpul jam dari jam 12.00 di lapangan kantor kepala desa, sebelumnya kami memang membagikan kupon khusus untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pembeli, akhirnya kita mulai menjual, warga" antre untuk membeli dan banyak orang tua jompo yang mengantre juga, tidak sedikit dari mereka yang harus kita tuntun.

akhirnya 650 paket sembako terjual habis, kita senang sekali bisa melihat mereka tersenyum membawa sembako murah di tangan mereka.

pada hari kedua kita meng-agenda-kan untuk merenovasi mushola dan memasang penerangan jalan, menuju tempat renovasi kita jalan kaki kira" 30 menit dari kantor kepala desa, waah lumayan jauh, sebenernya ga akan terasa capek banget kalo aja cuaca disana gak panas, kami bahu membahu bersama warga sekitar mulai merenovasi dan memasang penerangan, ikut serta warga untuk membantu sangat besar, kami senang sekali, pada saat jam makan siang kita makan bersama-sama warga, disanalah sangat terasa kebersamaannya. karena disana daerahnya dekat dengan laut, jadi kontur tanah disana sebagian tergenang air yang lumayan tinggi, ironisnya keadaan air disana tidak layak, airnya berwarna hitam, kotor, banyak sampah dan bau, menurut warga sekitar itu akibat pencemaran oleh limbah pabrik yang dialirkan ke laut, karena kita sanagt prihatin dengan keadaan itu, kita berinisiatif untuk mengangkut sampah yang ada di kolam, waloupun tidak berpengaruh besar setidaknya itu sedikit membantu, naas sekali melihat warga disana yang masih menggunakan air itu untuk MCK, mereka mungkin tau bahaya dan resiko nya, tapi keadaan yang memaksa mereka, sedangkan warga yang mampu, mereka membeli air di suatu rumah yang menyediakan PDAM, mereka membeli air Rp. 700/dirigen untuk keperluan MCK, kami sadar betapa kami sering menghambur"kan air bersih padah disini masih banyak orang" yang kekurangan air bersih.

hari ketiga, sebagian peserta laki" dan panitia meneruskan pekerjaan kemarin, sedangkan kami yang berada di kantor kepala desa mulai melakukan operasi semut membersihkan desa.

begitulah kegiatan kami selama 3 hari di desa segara jaya, banyak sekali pengalaman yang saya dapat disana, walaupun lelah tapi semua itu terbayar dengan kesenangan yang kita berikan untuk warga disana. Semoga tindakan kecil ini berpengaruh besar untuk mereka :)







0 comments:

Post a Comment