Friday, November 5, 2010

The 6 Dimensions of Top Achievers



ini adalah resensi dari buku pribadi saya dan saya rangkum isinya, semoga bermanfaat :)

Setelah melakukan lebih dari 50 wawancara dengan orang-orang yang menjadi paling sukses di dunia karena upaya mereka sendiri. Arthur F. Carmazzi dan David M. Rogers menemukan bahwa sekedar kecerdasan tidak cukup, demikian juga sekedar ketekunan. Kedua peraih kesuksesan tertinggi itu puya sederet karakter yang mereka kembangkan untuk meraih kesuksesan. Mereka merancang gabungan pengetahuan dengan pola berfikir, keterampilan dengan bakat. Kumpulan bahan dasar kesuksesan itu, yang dikembangkan lewat sederetan pribadi dan tindakan selangkah demi selangkah, kemudian dikenal sebagai “6 dimensi”.

1. Dimensi Anti-Gagal
 Untuk menjadi anti gagal kita harus terlebih dahulu memahami bahwa ketakutan akan kegagalan sering menghalangi kita untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk sukses.
 Sekali kita memahami bahwa kegagalan adalah bagian dari kesuksesan bearti kita mengambil kesuksesan pertama untuk mengatasi ketakutan akan kegagalan.
 Dengan memahami bahwa keyakinan kita mempengaruhi potensi dan akhirnya hasil-hasil kita, kita dapat mencegah efek-efek negative yang memengaruhi rasa percaya diri yang kemudian akan membantu kita mencapai hasil yang lebih baik.
 Kita mencari kendali yang dapat memaksimalkan pemenuhan sukcita dan menghindari kesusahan.
 Rasa takut gagal adalah alasan utama mengapa kita tidak mengambil tindakan dalam bidang yang bisa mendatangkan perubahan dalam kehidupan kita.
 Ada berbagai tindakan yang pasti akan membuat perubahan dalam kehidupan kita, yang belum kita lakukan karena kita belom yakin atau anti-gagal, tapi harus mulai kita ambil.
 Kalau kita mengambil tindakan-tindakan kecil yang berarti dalam beberapa hal itu, kita akan mengalami kemajuan dan akhirnya membuat perubahan besar.
 Pastikan bahwa tubuh anda dan “formula kondisi” anda dalam keadaan baik
 Pahami bahwa ada dua sisi dalam setiap situasi dan terfokuslah kepada sisi yang paling mendatangkan keuntungan bagi anda.
 Pakailah pertanyaan untuk membantu anda mengarahkan focus anda dan untuk memastikan bahwa apapun hasil yang anda peroleh, anda pasti akan meraih sebuah kesuksesan, entah itu pengetahuan, pengalaman atau apa saja.
 Reframe sebuah situasi dengan mengubah arti hubungan yang tidak sehat untuk mendapatkan hasil yang tidak diinginkan sampai anda mampu mengembangkan kompetensi di bawah sadar, dan dimensi anti gagal anda menjadi sebuah kebiasaan.

2. Dimensi Disiplin
 Kembangkan sebuah rencana, menyusun rencana harian, mingguan atau bulanan bisa mengimbangi irama cepat kehidupan dan memberi anda waktu pribadi yang berharga untuk merenungkan misi, sasaran serta hasrat kehidupan anda.
 Selesaikan apa yang sudah anda miliki, dengan mematuhi aturan itu, kita akan meningkatkan kemungkinan pencapaian tujuan serta target sejati kita, dan mengurangi kemungkinan terganggu oleh tugas serta sasaran yang tidak penting.

3. Dimensi Motivasi
 Lebih mudah memotivasi orang yang sudah sukses untuk mencapai sukses yang lebih besar.
 Setiap butir pengetahuan yang kita petik dari setiap tindakan yang kita ambil adalah sebuah kesuksesan karena hal tersebut dapat membantu kita meraih hasil terbaik di masa depan, oleh karena itu kita selalu sukses kalau mengambil sebuah tindakan.
 Tidak setiap strategi yang kita ambil akan selalu benar, jadi bilamana hasilnya tidak memuaskan kita, kemungkinan strategi yang kita ambil tidak sesuai. Fleksibilitas akan membawa kita kepada perbaikan pendekatan yang akhirnya memberiakan hasil yang kita inginkan.
 Dengan menerapkan formula kondisi motivasi kita secara fisik dan menta, secara terperinci. Memvisualisasikan waktu ketika kita memiliki energy dan motivasi terbesar, kita akan mendapatkan antusiasme, energy dan motivasi yang sama seperti pada waktu itu.
 Dengan daftar kepuasan dasar, periksalah kembali setiap kebutuhan untuk setiap pekerjaan dan carilah kepuasan dalam mengubah tugas-tugas yang tidak menarik menjadi pekerjaan yang menyenangkan, buat peringkat masing-masing untuk mendapatkan perspektif baru.

4. Dimensi Persuasi
 Komponen paling dasar untuk membangun dimensi persuasive terletak pada pemahaman fakta bahwa manusia itu mahluk emosional dan merespons secara alami, serta sering secara otomatis, dalam situasi apapun.
 Pengaruh terbesar terjadi beberapa saat setelah kontar pertama: segala sesuatu yang terjadi kemudian membantu terwujudnya penyelarasan sebuah keputusan bawah sadar yang terlebih dahulu terbentuk.
 Lewat kesadaran akan adanya bermacam-macam hubungan dan nilai yang membentuk perilaku kita dan apa serta bagaimana juga mengapa kita merespons seperti cara kita sekarang, kita punya sarana untuk melakukan persuasi.
 Pada umumnya, kita dapat menggunakan 2 jenis kategori: dominasi sensor yang meliputi klasifikasi visual, Auditori,dan kinestik: dan pelabelan kepuasan yang meliputi relaters, factorers dan conceptors.

5. Dimensi Visibilitas
 Menemukan dan memupuk identitas anda adalah unsure pertama dan terpenting dari memperoleh visibilitas.
 Visibilitas adalah branding pribadi yang menekankan aa yang unik tentang kemampuan anda.
 Ciptakan “bahan dasar ekstra” yang tidak dimiliki orang-orang dalam industry atau bidang kompetensi anda.
 Sang pejuang, sang anak, dan sang kaisar semua hidup dalam diri kita, masing-masing dapat membantu kita memahami berbagai bidang kepribadian dan karakter kita.
 Identitas merk yang anda miliki harus sejajar dengan citra total yang anda proyeksikan.
 Ke-10 kunci memperoleh visibilitas merupakan landasan untuk ditampilakan secara teratur oleh media.

6. Dimensi Financial
 Akui bahwa uang penting dan belajar lebih banyak tentang keuangan bisa membantu mengurangi stress serta meningkatkan kualitas hidup anda.
 Pengeluaran harus lebih kecil daripada pemasukan dan tabunglah kelebihannya. Hidup sederhana adalah langkah awal untuk mengembangkan sebuah strategi mengambil tanggung jawab bagi keuangan masa depan. Kurangi pengeluaran dan cari pemasukan baru.
 Kembangkan sebuah rencana dan jalani.

Resensi buku ini saya ambil dari sebuah buku milik pribadi saya yaitu:
Judul buku : The 6 Dimensions of Top Achievers
Pengarang : Arthur F. Carmazzi dan David M. Rogers
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

0 comments:

Post a Comment